HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 184.73.14.222
Pengunjung : 320.390


Newsflash :
PROFICIAT UTK SD TAR.5 JKT YG MEMPEROLEH PENGHARGAAN DARI MUSEUM REKOR DUNIA INDONESIA (MURI) PADA SABTU (12/1/2019) ATAS PRESTASI MEMBUAT KERTAS TERBANYAK DARI BAHAN KERTAS DAUR ULANG OLEH PELAJAR             |             SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG

Artikel :



Refleksi Sebagai Bahan Introspeksi


Kamis; 21 March 2019 [Yohanes Purnomo Edi, SMP ST. CAROLUS BENGKULU] - Artikel Umum

Refleksi Sebagai Bahan Introspeksi

oleh: Tesalonika Paulina Putri Sigiro

Refleksi secara khusus adalah berpalingnya perhatian seseorang dari objek-objek eksternal, yang mendapat perhatian utama dalam soal-soal biasa, kepada kegiatan rohani sendiri. Karena itu, konsep refleksi bersangkutan dengan konsep kesadaran. Namun, kesadaran belaka akan perilaku sendiri tidak boleh disamakan dengan refleksi. Kesadaran sebaiknya diartikan sebagai perhatian eksplisit terhadap kegiatan-kegiatan dan subjeknya, yakni ego.

Saat ini, ini, SMP Sint Carolus Bengkulu melakukan kegiatan refleksi dalam pembelajaran di kelas. Refleksi itu dapat berisi tentang penilaian siswa terhadap guru setelah mengikuti pembelajaran, ungkapan perasaan, pesan dan kesan atas pembelajaran yang telah diikuti. Saat melakukan (menulis) refleksi, siswa harus benar-benar jujur dan terbuka agar beban pikiran yang mengganggu dapat tersalurkan dengan baik.

Tujuan dilaksanakannya refleksi ini adalah agar guru mengetahui keinginan dan kebutuhan siswa sehingga guru bisa mempersiapkan pembelajaran yang lebih baik, untuk mengetahui sejauh mana minat siswa mengikuti pembelajaran. Adapun menfaatnya bagi siswa, sebagai ruang ekspresi positif terhadap guru dan proses pembelajaran yang dialami. Guru-guru pun dapat mengetahui sejauh mana siswa memahami sehingga dapat mempermudah dalam memberi bobot materi dan melakukan evaluasi.

Semoga pembahasan tentang refleksi dalam pembelajaran di SMP Sint Carolus Bengkulu dapat membantu para guru dan siswa dalam mengembangkan karya demi kemajuan dibidang pendidikan.





Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :